Kamis, 25 Oktober 2012

Merawat Alat Kelamin Bayi


Cara merawat alat kelamin bayi adalah :
· Buka popok bayi, angkat kedua kaki bayi dengan satu tangan, sementara itu  tangan lainnya menarik dan menutup kotoran bayi dengan sebagian popok, untuk membatasi badan bayi dengan kotorannya. Bersihkan bekas kotooran bayi yang menempel di pantat dan sekitarnya dengan ujung popok yang bersih.
· Bersihkan dengan tisu atau kapas bulat yang telah dibasahi, lalu buang popok yang kotor. Bersihkan bekas kotoran ke arah anus. Hal ini sangat penting pada bayi perempuan, agar vaginanya tida terinfeksi oleh kotoran. Khusus untuk bayi perempuan, bersihkan juga kelaminnya dengan cara mengucuri air dari atas ke bawah sampai bersih. Cara ini untuk menghindari kemungkinan iritasi bila menggunakan tisu atau kapas.
· Jika kotoran bayi sudah terlanjur lengket, anda dapat membasuh bagian yang kotor itu dengan air, baru membersihkannya dengan kapas atau tisu. Keringkan pantat bayi dengan menekan-nekan kain atau handuk lembut.
· Jika perlu oleskan baby oil di bokong dan lipatan paha agar kulit bayi tetap kering, tidak lembab. Untuk bayi perempuan, jangan lupa membersihkan lipatan di sekitar kelaminnya, termasuk lipatan paha. Sementara untuk bayi laki-laki, agar tidak terjadi penyumbatan di ujung penisnya, anda dapat menarik ujung penis tersebut ke arah pangkal, lalu bersihkan dengan kapas basah. Kemudian, siram ujungnya dengan air dan dorong kembali ujung penis.

Catatan:
Bayi perempuan terkadang mengeluarkan haid selama 3-5hari. Ada juga yang buah dadanya membesar. Hal ini terjadi karena masih ada pengaruh dari sisa hormon ibu sewaktu hamil dan akan menghilang dengan sendirinya. Jangan dipijat. Tidak diperbolehkan sunat bagi wanita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar